Ingin Tau Cara Mendidik Anak Dalam Islam? Simak 6 Cara Ini!

6-cara-mendidik-anak-dalam-islam

Biografinya.com - Kehadiran sang buah hati tentunya dapat menciptakan kebahagiaan yang sempurna dalam kehidupan berumah tangga. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa anak itu merupakan titipan Allah SWT yang harus dijaga dan dididik dengan benar. Pasalnya, anak juga merupakan tabungan pahala bagi orang tua kelak nanti.

Nah, berbicara soal anak, pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar cara mendidik anak dalam Islam. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak langsung cara-caranya di bawah ini. 

1. Selalu Berlaku Adil dan Tidak Boleh Membeda-bedakan

Perlakuan adil terhadap anak-anak itu merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mendidiknya. Dalam hal ini, kita sebagai orang tua tidak boleh membeda-bedakan anak, entah itu dari segi bakat maupun jenis kelaminnya. Pasalnya, setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

2. Berikan Kasih Sayang

Inilah hal yang paling diinginkan oleh anak-anak terhadap orang tuanya, yakni berupa kasih sayang yang tulus. Hal itu pun terbukti, dimana tak sedikit anak-anak yang beranjak dewasa memiliki kelakuan buruk karena kurang mendapatkan perhatian dan rasa kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Seperti yang dikatakan oleh Aqra bin Habis selaku pemuka Bani Tamim, “Demi Allah, aku mempunyai 10 orang anak, tetapi tak satu pun kuciumi di antara mereka”. Nabi pun memandangnya dan berkata, “Barang siapa yang tidak mengasihi, ia tidak akan dikasihi”.

3. Tidak Memisahkan Anak dari Ibunya

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa antara ibu dan anak itu memiliki ikatan batin yang sangat kuat. Itu sebabnya, pendidikan pertama seorang anak itu harus di dapatkan dari ibunya. Maka dari itu, jangan pernah memisahkan antara ibu dengan anaknya.

Seperti halnya dalam sebuah hadist dari Abu Ayyub yang mengatakan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Barang siapa memisahkan antara seorang ibu dan anaknya, niscaya Allah akan memisahkan antara dia dan orang-orang yang dicintainya pada hari kiamat”.

Baca juga: 3 Film Keluarga Terbaik Ini Menunjukkan Pentingnya Keluarga

4. Perhatikan Pergaulannya

Sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk selalu memperhatikan pergaulan anak. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api.”

5. Memperkenalkan Allah Sejak Usia Dini

Diwajibkan bagi para orang tua untuk memperkenalkan Allah kepada anaknya sejak usia dini. Akan tetapi, kita harus menyampaikannya dengan penjelasan yang dapat diterima oleh anak. Hal itu pun telah tertulis dalam surat Luqman ayat 13, “Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku. Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzholiman yang besar.”

Hadist dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha illaallah”, dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah “Lailaha illaallah”. Sesungguhnya barang siapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailaha illaallah” kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apapun, tidak akan ditanyakan kepadanya.”

6. Perintahkan Anak Untuk Shalat

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam mendidik anak dalam Islam, yakni memerintahkannya untuk shalat. Tak hanya itu, kita juga harus mengajarinya tentang tata cara berwudhu sesuai Sunah Nabi. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Perintahkan anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat bila berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur mereka (anak laki-laki dan perempuan”. 

Itu dia 6 cara mendidik anak dalam Islam yang bisa Anda ketahui dan terapkan kepada sang buah hati dalam proses didikannya. Dan ingatlah, bahwa sebaik-baiknya contoh adalah Anda sebagai orang tua yang merupakan pendidik pertama di sekitar sang buah hati.

Baca juga: Ini Hukum Berpuasa di Hari Jum'at, Apa Saja?

**Temukan pula informasi lain seputar parenting, pendidikan anak, dan wanita hanya di Popbela.com**


Comments